kud-harapantani.com
RSS Feed
Subscribes

LPDB Genjot Pembiayaan Ke Daerah

JAKARTA — Lembaga Pengelola Dana Bergulir tengahmengintensifkan pembiayaan ke provinsi seiring meningkatknya alokasi anggaran pada tahun ini yang mencapaiRp2,650 trilun bagi optimalisasi pegiat koperasi dan usaha mikro, kecil danmenengah.

Direktur Utama Lembaga Penelola Dana Bergulir (LPDB-KUMK),Kemas Danial, mengatakan satu provinsi yang tengah digenjot penyalurannya adalah Kalimantan Tengah. Sebab, provinsi itupenyalurannya masih relatif masih minim.

"Sampai saat ini penyaluran di daerah itu masih sekitarRp34,6 miliar yang disalurkan melalui 10 mitra usaha. Pada tahun ini dananyadialokasikan sebesar Rp41,2 miliar demean sasaran debitor sebanyak 4.783,"katanya kepada Bisnis, Kamis (24/4/2014).

Dana sebesar itu rencananya disalurkan kepada 16 calon mitrakoperasi agar untuk digulirkan kembali. Peningkatan jumlah penyaluran diKalimantan Tengah diharapkan bisa membangkitkan gairah perkoperasian sertameningkatkan perekonomian setempat.

Menurut Kemas, meningkatnya alokasi dana penyaluran pada2014 secara nnasional, yakni Rp2,650 trilun dari sebelumnya Rp1,926 disebabkankinerja LPDB-KUMKM dalam dua tahun terakhir dinilai makin membaik.

Salah satu indikatornya, melalui keberhasilan mempertahankanpredikat ISO 9001:2008 dari tahun 2013. Prestasi itu merupakan wujud salah satumisi LPDB untuk menjaga dan meningkatkan sistem Total Quality Management (TQM)secara terpadu.

Dengan sistem ini setidaknya bisa mencapai pelayanan menujuworld class untuk pemberian pinjaman atau pembiayaan ke Koperasi dan UMKM.Untuk mengimbangi peningkatan pembiayaan melalui penyaluran, LPDB terusmelakkukan sosialiasi program pembiayaan.

"Bagi daerah yang belum maksimal penyerapan dana bergulir,akan terus kami dorong melalui sosialisasi sehingga mereka semakin mengenal perandan fungsi LPDB. Tentunya ke seluruh provinsi yang mempunyai pelaku KUKM,"ungkap Kemas.

Itu sebabnya pada semester pertama tahun ini programsosialiasi diprioritaskan ke daerah bekerjasama dengan berbagai pihak sepertiyang selama ini telah dilakukan. Misalnya dengan Kejaksaaan, BPK-RI dan KPK.

Sejak lembaga itu beroperasi pada 2008 hingga saat ini, LPDBtelah menyalurkan pinjaman atau pembiayaan sebesar Rp4,3 triliun kepada 2.916mitra di seluruh Indonesia.LPDB telah menunjukkan keunggulan kinerjanya denganmemperoleh predikat sebagai BLU Badan Layanan Umum (BLU).

sumber : [http://www.danabergulir.com/index.php?option=com_content&view=article&id=567:lpdb-genjot-pembiayaan-ke-daerah&catid=33:berita] (http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1443:lpdb-genjot-pembiayaan-ke-daerah&catid=50:bind-berita&Itemid=97)

Wed, 30 Apr 2014 @10:52


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+0+2

KONTAK
image

Ketua KUD Harapantani

08117406397 / 0745 9270170


Jalan Brawijaya Simpang KUD Singkut II | Telp. / Fax 0745-9270170
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
Anda Ingin Punya Website Nama Domain Sendiri?

Cek Nama Domain ?

Kategori
Arsip

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
SLINK
Admin
Website Terkait
Jumlah Pengunjung

FP Graha Arta Prima
image