kud-harapantani.com
RSS Feed
Subscribes

Persiapan MEA, UMKM Difasilitasi Konsultasi hingga Advokasi

image

JAKARTA – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) berencana akan melakukan pendampingan terhadap Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM). Pendampingan ini meliputi bimbingan, konsultasi, hingga advokasi oleh lembaga pendamping dan tenaga pendamping perorangan yang telah dipersiapkan oleh pemerintah.

"Saat ini, ada 7.368 orang pendamping yang sudah terdaftar dan tersebar di berbagai daerah sesuai dengan program masing-masing kedeputian, seperti pendamping PLUT KUMKM, BDS (Business Development Services), pendamping SDM (Sumber Daya Manusia), dan pendamping kelembagaan", kata Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementrian Koperasi dan UKM Yuana Setyowati dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Senin (14/3/2016).

Khusus pendampingan PLUT KUMKM, lanjut Yuana, sebanyak 293 orang yang ditempatkan pada 49 PLUT KUMKM (42 PLUT, 7 PLUT dalam proses pembangunan) akan diseleksi kembali oleh pihak ketiga pada Juni 2016 mendatang. Hingga tahun 2019, pemerintah pun menargetkan terdapat 265 PLUT untuk meningkatkan layanan bagi pengembangan usaha KUMKM di berbagai daerah.

Program pembangunan PLUT KUMKM pada tahun ini akan dipusatkan pada tujuh lokasi, yaitu, Provinsi Bengkulu, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Lampung, Kabupaten Malang, Kabupaten Tulung Agung, Kabupaten Belitung, Belitung, dan Kabupaten Sumba Barat Daya. Pada tujuh daerah ini juga akan dibangun 7 gedung PLUT KUMKM dengan target pembangunan akan dimulai pada Mei mendatang.

"Telah dilakukan koordinasi dengan Kepala Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM yang sampai saat ini sedang proses peralihan anggarannya melalui DIPA tahun 2016 di 7 satuan kerja dalam bentuk tugas pembantuan. Pelaksanaan pembangunan gedung PLUT KUMKM dapat dimulai pada Mei 2016", jelas Yuana.

Sementara itu, terkait diterapkannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sejak Januari 2016, Kemenkop UKM juga memberikan pendampingan bagi UKM yang terkena dampak globalisasi. Untuk melakukan pendampingan ini, pemerintah telah merekrut 100 tenaga pendamping. ‎"Ada enam provinsi sentra meliputi Jawa Barat, Kepulauan Riau, DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Bali, dan Makassar", pungkas Yuana.(rai)

 

sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/03/14/320/1335771/persiapan-mea-umkm-difasilitasi-konsultasi-hingga-advokasi

Wed, 16 Mar 2016 @14:25


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 6+4+4

KONTAK
image

Ketua KUD Harapantani

08117406397 / 0745 9270170


Jalan Brawijaya Simpang KUD Singkut II | Telp. / Fax 0745-9270170
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
Anda Ingin Punya Website Nama Domain Sendiri?

Cek Nama Domain ?

Kategori
Arsip

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
SLINK
Admin
Website Terkait
Jumlah Pengunjung

FP Graha Arta Prima
image